Babinsa Koramil 05/KB Membina Pengerajin Sampan Tradisional

Singkil – Babinsa Koramil 05/Kuala Baru Kodim 0109/Singkil Serma Makmur selalu aktif mengunjungi dan membina pengerajin sampan di Desa Kuala Baru Sungai dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas produksi sampan agar dapat bersaing ke luar daerah Kuala Baru.

Pengerajin sampan yg ada di Kecamatan Kuala Baru pada umumnya masih bersifat tradisional dan hanya memenuhi kebutuhan lokal. Hal ini di dasarkan kurangnya pengetahuan dan teknologi yang memadai serta kurangnya pembinaan instansi terkaitโ€ ujar Serma Makmur. ย Jum’at (16/3/2018).

Untuk dapat bersaing ke daerah lain khususnya ke daerah Aceh atau Sibolga pengerajin sampan di Kuala Baru harus dapat meningkatkan kualitas dan mutu produksi sampan tersebut. Pengerajin sampan di Kuala Baru mengharapkan Pemerintah Daerah dapat memfasilitasi dengan cara pembinaan yg lebih serius serta penyertaan modal kerja dalam peningkatan mutu dan kualitas produksi sampan yang ada di Kecamatan Kuala Baru.

โ€œ Pembinaan keterampilan pengerajin sampan khususnya di Kecamatan Kuala Baru dirasa kurang memadai sehingga hasil produksi tidak dapat bersaing ke luar daerah” ujar Danramil 05/Kuala Baru Kapten Inf Sahidan.