Komsos Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri

Takengon – Dalam rangka meningkatkan sinegritas TNI-Polri, Danramil-10/Pgs Kapten inf Bambang Suhartono dan para Babinsa melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Kapolsek Pgs Ipda Hasman Hidayat beserta Bhabinkamtibmas sambil minum kopi, yang bertempat di warung makan depan Kantor Mapolsek Pegasing Kab. Aceh Tengah, Rabu ( 25/4/18 ).

Menurut Danramil, kegiatan ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara kekompakan, keharmonisan sekaligus mempertajam kebersamaan TNI-Polri, guna membangun komunikasi dialogis, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi di wilayah desa binaan.

Selanjutnya, sinergitas seperti ini, perlu kita tumbuh kembangkan atau suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat di perlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa maupun bernegara, sesuai dengan sistem pertahanan Indonesia yang menganut pertahanan semesta dengan menempatkan seluruh komponen bangsa sebagai pendukung dan cadangan, dimana TNI sebagai kekuatan utamanya.

Komunikasi sosial sebagai salah satu metode pembinaan Teritorial (Binter), merupakan wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan antara TNI-Polri ataupun seluruh komponen bangsa yang ada di negara kita tercinta Indonesia, Ungkap Danramil.

Tambahnya, Berdasarkan kebijaksanaan dari Pemerintah yang berkaitan dengan peran, tugas dan fungsi TNI khususnya TNI AD dalam hal ini Satkowil dalam membantu Negara untuk menciptakan pemberdayaan wilayah pertahanan aspek di darat dalam menghadapi hakekat ancaman yang mungkin terjadi,

Selain itu Danramil juga menjelaskan bahwa tugas pokok TNI dalam undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, menyatakan bahwa TNI berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara”.

Peran tersebut dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman maupun gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

Dalam operasionalnya dilaksanakan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantara tugas TNI dalam operasi selain perang adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dilaksanakan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.