logo
logo
Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Abdul Hafil Fuddin SH, SIP, MH, berserta seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda, dan Persit Kartika Chandra Kirana, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah Tahun 2018 Masehi, kepada seluruh umat muslim khususnya di Provinsi Aceh

Kodim 0110/Abdya Buat Jamban Untuk Masyarakat

Abdya- Berangkat dari keprihatinan dan kepedulian terhadap masyarakat yang belum memiliki jamban, Kodim 0110/Abdya dengan Swadaya memproduksi jamban. Selasa (15/5/2018).

Kegiatan pembuatan jamban ini terpusat di Makodim 0110/Abdya dan sudah berlangsung lebih kurang satu bulan.

Ditemui Media Center Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. mengatakan, ide dasar pembuatan jamban ini berawal dari banyaknya laporan dari para Babinsa di wilayah, tentang masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki standar kesehatan dalam sanitasi.

“Semoga ini dapat menjadi suatu terobosan yang baik dalam upaya kita membantu dan mengatasi kesulitan rakyat”, singkat Dandim.

Pembuatan Water Closet (WC) ini dilakukan oleh 5 orang anggota pilihan yang mumpuni di bidangnya. Kelima orang anggota ini antara lain, Serda Albahari, Serda Supriyanto, Kopda Alex, Kopda Hendra Kelana dan Kopda Galih Kurniawan.

Diterangkan oleh Serda Albahari, dibutuhkan suatu kesabaran dan keuletan dalam membuat WC (jamban), yakni mulai dari pencetakan, pembersihan, penghalusan dan terakhir pewarnaan (pengecatan).

Senada dengan itu, Pasiops Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Mohd Arifin selaku Perwira pengawas mengungkapkan, Jamban buatan Kodim 0110/Abdya ini juga memiliki standar kualitas yang baik dan mengimbangi dengan produk ternama lainnya yang beredar di pasaran. Yang mana sebelumnya jamban ini telah terlebih dahulu dilakukan uji standar kelayakan, baik dari kesehatan, kenyamanan, maupun kekuatan.

“Dalam waktu hampir satu bulan, jamban buatan Kodim 0110/Abdya ini telah mencapai 93 buah. Jumlah ini dikurang dengan beberapa buah jamban yang sudah terambil dan digunakan untuk masyarakat”, papar Pasiops.

Terkait memasuki bulan Suci Ramadhan, Pasiops merencanakan bahwa kegiatan pembuatan jamban di bulan puasa tetap berlangsung. “Namun tentunya tidak akan terlalu kita forsir, agar tidak mengganggu stamina anggota dalam menjalankan ibadah puasa”, tutup Pasiops.

Baca Juga:  TK KARTIKA XIV-15 YONIF RAIDER 112/DJ MERIAHKAN SERTIJAB DANYONIF RAIDER