Kodim 0107/Asel Berikan Kenyamanan dan Keamanan Wisatawan Jelang ‘Meugang’ Puasa

thumbnail

ACEH SELATAN - Hari terakhir menjelang puasa, sejumlah objek wisata di Kabupaten Aceh Selatan membludak oleh para pengunjung dari berbagai kecamatan.

Diketahui, sejumlah masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua baik sudah berkeluarga maupun pasangan muda-mudi sempat membuat macet lalulintas dan memadati kawasan objek wisata.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kemacetan dan hal yang tidak diinginkan, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto memerintahkan jajarannya untuk memberikan pengamanan terhadap kenyamanan masyarakat.

Saat dihubungi media, Dandim 0107/Asel melalui Pasi Intel Kapten Inf Edy Muljo Pudjionoengatakan bahwa pelaksanaan pengamanan kawasan objek wisata tersebut dilakukan bersama dengan pihak kepolisian Aceh Selatan.

"Kita bergandengan tangan dengan polisi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang mengunjungi tempat wisata untuk melaksanakan makan-makan dihari meugang," ucapnya.

Lebih lanjut, Pasi Intel menjelaskan tujuan dilakukan patroli pengaman itu untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya hal-hal yang buruk.

Karena menurut Pasi Intel, saat ini masyarakat Aceh Selatan sedang auforia dengan perayaan tradisi meugang. Banyak warga mendatangi pantai - pantai dan tempat pemandian.

"Di Aceh Selatan ini masyarakatnya banyak yang ke pantai, maka kita jaga untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dilokasi wisata," sebutnya.

Adapun lokasi yang menjadi titik pengamanan kawasan wisata di Kecamatan Tapaktuan adalah aliran sungai lobok simirah Desa Jambo apha,  wisata tuan tapa, taman pala dan pelabuhan, kolam aroya, air terjun tingkat tujuh Batu Itam, kolam pemandian panjupian, tepi pantai Desa Lhok Rukam dan Air Pinang.

Di Kecamatan Meukek ada lokasi wisata Lancang Mira Desa Tanjung Harapan dan Labuhan Tarok. Kluet Timur adanya wisata irigasi Ujung Gunung Desa Paya Dapur dan objek wisata jus nipah Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan.

Kemudian untuk Kecamatan Samadua terdapat objek wisata Air Dingin, Pantai Bidari dan Sungai Sikabu. Labuhan Haji memiliki lokasi wisata sungai Krueng Baru, pantai Ujung Karang, pemandian sungai simpang, Rumah Pohon, pantai Paya Peulumat.

Pasie Raja ada pantai cemara, pantai Ujung Bate dan Kluet Tengah di sungai jambur teka, sungai Krueng kluet. Wisata Bakongan adalah pantai pasir Desa Ujung pulo, Pulau Dua Desa Seubadeh, Irigasi Ulee det Desa Jambo keupok.

Selanjutnya kawasan yang ramai pengunjung di wilayah Trumon adalah pantai Desa Panton Bili, sungai Desa Naca dan irigasi Desa Jambo Dalem.