Jajaran Babinsa Koramil 03/Kaway XVI Komsos dengan Petani

WhatsApp Image 2018-07-12 at 16.18.16

Abar - Babinsa Koramil 03/Kaway XVI Serka Usman dan Kopda Gunawan melaksanakan Komsos dengan Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki Bapak Muhammad Basri bertempat di Desa Meunasah Rambot Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat mengenai pengairan area persawahan yang mengalami kekeringan. Kamis (12/07/2018),-

Dalam kesempatan tersebut Serka Usman melaksanakan tanya jawab kepada Bapak Muhammad Basri  dkk seputar kondisi pertanian diwilayah mereka serta kemungkinan kendala yang ditemui para petani dalam menggarap sawah.

Bapak Muhammad Basri  mengungkapakan bahwasannya kendala yang dihadapi adalah masalah pengairan sawah yang menjadi permasalahan utama dan rutin, Karena diwilayah Kecamatan Kaway XVI mayoritas hanya mengandalkan air hujan. Apalagi musim kemarau area persawahan mereka mengalami kekeringan.

"Memang kendala yang paling utama di daerah Kecamatan Kaway XVI adalah masalah pengairan sawah yang masih mengandalkan air hujan, Apabila hujan tidak turun hampir dua minggu maka sawah akan menjadi kering dan perlu dilakukan penyedotan air dengan menggunakan mesin sedot air," ungkap Bapak Muhammad Basri kepada Babinsa.

Kepada para petani, Serka Usman mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pertanian akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu masalah yang dihadapi oleh para petani sehingga mereka tidak akan kesulitan dalam mengolah sawah. Contohnya memberi bantuan mesin sedot air supaya bisa digunakan petani mengairi sawah. Disamping itu Babinsa akan selalu melaksanakan pendampingan pertanian bekerja sama dengan PPL Pertanian untuk memajukan pertanian di wilayah Kecamatan Kaway XVI.

"Babinsa jajaran Koramil 03/Kaway XVI akan selalu membantu masalah yang dihadapi petani dalam mengolah sawah terutama masalah pengairan sawah yang  sudah kering akibat sudah lama tidak turun hujan. Babinsa akan membantu semaksimal mungkin para petani dengan membantu menggunakan mesin sedot air yang ada sehingga area persawahan tidak mengalami kekeringan sehingga sawah tidak terancam gagal panen,” kata Babinsa.

Komentar

Loading...