Babinsa Bersama PPL Himbau Petani Semprot Hama Keong Mas

Aceh Jaya – Keong Mas merupakan salah satu hama tanamanย  padi yang terdapat di lahanย  persawahan dalam wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Keong Mas akan memakan tumbuhan padi muda berusia sekitar 15 hari. Keong Mas ini akan memakan pada bagian daun sampai dengan batang sehingga akan menyebabkan kerusakan parah.

Babinsa Koramil 01/Lamno Kodim 0114/Aceh Jaya Serda Dedi Pranata bersama anggota Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL ) Kecamatan Jaya saudari Nurmala turun ke sawah memberikan himbauan kepada petani agar melakukan penyemprotan hama Keong Mas sebelum menanam padi di Desa Lhuet Kecamatan Jaya, Senin ( 17/ 7 /2018 ).

Himbauan ini dilakukan agar tanaman padi para petani nantinya tidak mengalami kerusakan karena keberadaan hama Keong Mas.

” Kami himbau kepada petani sebelum memasuki jadwal tanam padi agar terlebih dahulu melakukan penyemprotan hama Keong Mas agar pada saat padi sudah ditanam tidak megalami kerusakan ”ย  kata Serda Dedi Pranata.

Disamping itu anggota PPL Nurmala mengatakan bahwa himbauan menyemprot hama Keong Mas ini dilakukan karena perkembang biakan hama tersebut sangat cepat dan cukup banyak di daerah Kecamatan Jaya.

” Hama Keong Mas sangat cepat perkembang biakannya, kita dapat melihat betapa banyak telur hama keong mas yang menempel pada daun – daun di pinggir pematang sawah. Oleh karena itu sebelum mulai menanam padi kami himbau kepada petani agar melakukan penyemprotan terlebih dahulu ” jelas Nurmala.

Terpisah Komandan Koramil 01/Lamno Kapten Inf Mulyadi mengatakan bahwa himbauan yang diberikan oleh Babinsa untuk kebaikan para petani. Babinsa dan PPL serta para petani sudah bekerja sama di lapangan demi kebaikan para petani.

” Himbauan itu demi kebaikan petani di daerah binaannya. Sebagai Babinsa pasti akan memberikan yang terbaik kepada warganya. Mereka sudah lama bekerja sama dilapangan ” ungkap Kapten Mulyadi.