Tanah Longsor ; TNI-BPBD-Masyarakat Gotong royong Membuat Jembatan Darurat

Redelong – Bencana alam tanah longsor yang mengakibatkan putusnya badan jalan menuju Dusun Rikit Indah kp. Rikit Musara kec. Permata Kab. Bener Meriah, Danramil 12/Pmt Lettu Inf Arianto beserta Babinsa, BPBD dan Masyarakat melaksanakan gotong royong pembuatan jembatan darurat, Selasa ( 18/09/2018 )

Danramil Permata mengatakan, bencana ini diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi, sehingga badan jalan tidak bisa menampung air yang begitu banyak, maka berakibat jalan terputus total dan sama sekali tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun empat,

Selain itu untuk masyarakat juga tidak bisa mengeluarkan hasil pertanian atau kebun, sementara bagi pelajar juga terkena dampaknya yaitu tidak bisa pergi ke sekolah, sedangkan korban jiwa tidak Alkhamdulilah tidak ada, Tambah Danramil.

“Berdasarkan informasi dari Babinsa, dengan adanya kejadian tersebut Danramil secara sigap dan cepat langsung melaporkan ke Komando atas yaitu Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Hendry Widodo, setelah itu berkoordinasi dengan BPBD, aparatur Kampung serta masyarakat setempat untuk melakukan gotong royong massal pembuatan jembatan darurat”, Tegas Danramil.

Pembuatan jembatan sementara tersebut, menurut Danramil dikerjakan untuk akses warga masyarakat Desa Rikit Musara pergi ke Ladang atau kebun, karena mayoritas penduduk mata pencahariannya adalah Petani, selain itu juga digunakan sebagai jalan penyeberangan anak anak ke sekolah.

Berkat kebersamaan Prajurit TNI, BPBD, dan masyarakat dalam bergotong royong yang baik, dalam waktu yang tidak lama yaitu kurang lebih Tiga jam, jembatan darurat tersebut dapat selesai dikerjakan, sehingga masyarakat khususnya petani dan pelajar bisa melewati jembatan itu, tetapi untuk mobil saat ini belum bisa lewat, Pungkas Lettu Inf Arianto.