Peduli Terhadap Keluarga Kurang Mampu, Koramil Kuta Alam Bangun Jamban Gratis

Banda Aceh โ€“ Sebagai bentuk kepedulian TNI Khususnya Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS terhadap keluarga kurang mampu, salah satunya diwujudkan dengan memberikan bantuan membangun jamban gratis.

Hal itu seperti dilaksanakan oleh Personel Koramil 13/Kuta Alam membangun jamban untuk keluarga Bapak Tamin warga Desa Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh, Kamis (11/10/18).

Komandan Koramil (Danramil) 13/Kuta Alam Kapten Inf Mutrisno mengatakan, bahwa pembuatan jamban ini merupakan kegiatan sosial dengan membantu warga kurang mampu yang di wilayah khususnya dalam hal membuang hajat.

โ€œSeperti keluarga Bapak Tamin, selama ini keluarganya mengalami kesulitan untuk buang hajat, apalagi jika di malam hari. Untuk itu, kami bantu dengan bangun jamban di rumahnyaโ€ ujar Danramil.

Selain itu, lanjutnya, Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan menyebarnya berbagai serangan penyakit, apalagi kotoran dari pembuangan hajat yang dilakukan disembarang tempat.

โ€œDisamping tidak enak dilihat, buang hajat sembarangan dapat berdampak menyebarnya berbagai serangan penyakit seperti diare, muntaber dan lain-lain,โ€ tutur Kapten Inf Mutrisno.

Ia juga menambahkan, sebelum pengerjaan pembangunan jamban, pihaknya melaksanakan pendataan terlebih dahulu keluarga kurang mampu yang ada di wilayah agar pembangunannya dapat tepat sasaran.

โ€œDengan adanya pembangunan jamban ini, diharapkan dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, selain itu juga agar masyarakat tidak kebingungan lagi untuk buang hajat,โ€ imbuh Danramil.