Kasdam IM Jadi Irup Upacara Penutupan Latihan Pembentukan Yonif Raider 114/SM

CILACAP- Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E. menjadi inspektur upacara penutupan latihan pembentukan Batalyon Infanteri Raider 114/Satria Musara Kodam IM di lapangan Kesatrian Amirul Isnaeni Daun Lumbung Jl. Veteran Kel. Tambakreja Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Rabu (17/10/18).

Dalam kesempatan tersebut Kasdam IM menyematkan brivet Raider kepada perwakilan Perwira, Bintara Tamtama lulusan siswa latihan pembentukan Batalyon Raider Gelombang II Yonif 114/SM.

Amanat Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Kasdam IM menyampaikan bahwa, selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Danpusdiklatpassus, para penyelenggara latihan, seluruh pelatih, serta para pendukung latihan, atas kerja keras yang telah ditunjukkan dalam mendidik, melatih dan membentuk para prajurit Yonif Raider 114/Satria Musara.

โ€œKepada seluruh prajurit Yonif Raider 114/SM yang telah menyelesaikan latihan pembentukan ini, saya sampaikan ucapan selamat, rasa bangga, serta terima kasih saya atas semangat militansi serta kerja kerasnya selama berlatih. atas hasil pencapaian tersebut, saudara saat ini layak menyandang brevet kualifikasi Raiderโ€, ucap Kasdam IM.

Lanjut Kasdam, kemampuan satuan Raider dapat menjadi kunci untuk menghadapi dan menangkal ancaman yang datang sewaktu-waktu di wilayah, sebelum pasukan pemukul yang bersifat strategis diterjunkan.

โ€œUntuk mewujudkannya, setiap prajurit Raider di tempa sedemikian rupa untuk tidak hanya mahir dalam taktik dan teknik pertempuran, namun juga memiliki fisik dan mental yang tangguh untuk bertempur di segala medan, serta menguasai teknik dan taktik penggunaan teknologi modern dalam menghadapi berbagai ancaman bersenjata yang berkembang saat iniโ€, tutur Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E.

Dikatakan Kasdam, setiap prajurit Raider harus siap untuk melaksanakan tugas-tugas operasi khusus seperti operasi raid penghancuran dan pembebasan tawanan, operasi mobud, operasi lawan gerilya dan pertempuran jarak dekat.

โ€œWujudkan motto prajurit Yonif Raider 114/Satria Musara, yaitu mampu bergerak cepat, tepat, dan senyap untuk mendekati, merebut dan menghancurkan sasaran, sebagai satu ciri khas satuan dalam setiap tugas yang dipercayakan oleh Negaraโ€, pinta Kasdam IM bacakan amanat Kasad.

Sambung Kasdam, saya yakin, dengan pencapaian hari ini dan disertai dengan tekad untuk terus belajar dan berlatih, Yonif Raider 114/Satria Musara akan mampu menjadi satuan Raider yang profesional, handal dan tangguh, serta berprestasi.

ย โ€œUntuk itu jaga nama baik Raider di manapun berada, karena pasukan Raider memiliki kemampuan yang lebih baik dari pasukan biasaโ€. Tutup Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E.

Turut hadir dalam upacara tersebut,ย  Danpusdikpassus Kolonel Inf Agustinus Dedi, Danbrigif 25/Siwah Kolonel Inf Asep S., Asisten Operasi Kasdam IM Kolonel Inf Wawan E., Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto,S.I.K. MH, Kasdim 073/Clp Mayor Inf Ahmad Rofik Alfianย  serta unsur Forkopimda Cilacap.