TMMD ke-103 Kodim 0105/Abar Secara Resmi Ditutup

Meulaboh – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 diwilayah Kodim 0105/Aceh Barat secara resmi di tutup oleh Danlanal Sabang Kolonel Laut Edi Harianto, SE bertempat di lapangan sepak bola Ds. Ujung Raja Kec. Panten Reu Kab. Aceh Barat, Selasa (13/11).

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono Selaku Penanggung jawab operasional TMMD Dalam Amanatnya yang dibacakan oleh Danlanal Sabang menyampaikan, Selama hampir selama 1 bulan para prajurit TNI, Polri, Pemda dan masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan TMMD ini telah bekerja keras guna mencapai sasaran pembangunan, baik Fisik ataupun Nonfisik dalam semangat gotong royong.

Salah satu peran nyata TNI dalam kegiatan TMMD ke 103 TA 2018 yang dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 15 Oktober s.d 13 November 2018. Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, TMMD ini juga sebagai momentum untuk menggelorakan semangat gotong royong serta memantapkan apa yang saya sebut sebagai Imunitas Bangsa.

Selain itu TMMD ini juga membawa Misi Khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi serta menumbuhkan kedekatan TNI dengan Rakyat.

Terkait hal tersebut tema yang diangkat dalam TMMD ke 103 TA 2018 yaitu "TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera dan Demokratis", Tema ini sejalan dengan Visi pemerintah pusat melalui kebijakan "Membangun Indonesia Dari Pinggiran".

"Pertahankan kebersamaan dan kemangulan TNI dengan rakyat yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD ini, Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama sebagai ralisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli Bangsa kita, Pelihara hasil program TMMD ini dengan baik, Teruslah membangun dan kembangkan potensi desa masing-masing serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif untuk mau belajar dan memajukan desa dan Jadikan momen TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi rakyat". Pesan Kasad Dalam Amanatnya yang dibacakan Danlanal Sabang.

Selanjutnya, untuk sasaran fisik yang sudah dilaksanakan, meliputi penerobosan jalan sepanjang 6.500 Meter dengan lebar 8 meter, Peningkatan jalan Panjang 1.200 Meter dan lebar 5 Meter, Pembuatan parit dasar kiri kanan Panjang 6500 Meter. Sedangkan Sasaran non fisik berupa Penyuluhan wawasan Kebangsaan dan bela Negara, Penyuluhan pertanian dan Holticutura, Penyuluhan Hukum dan bahaya narkoba, Penyuluhan perkebunan dan peternakan serta Pengobatan dan Khitanan massal.

Kegiatan Penutupan TMMD juga dimeriahkan atraksi beladiri Yongmodoo,  Bazarmurah,  Pengobatan gratis, Tarian Daerah Aceh, pada saat selesai upacara bertujuan untuk menghibur masyarakat.

Turut hadir dalam upacara yaitu pejabat pemerintahan Kab. Aceh Barat terdiri dari Danrem 012/TU Kol Inf. Aswardi SE, Bupati Aceh Barat H.Ramli MS, Dandim 0105/Abar Letkol Kav. Nurul Diyanto SP.d, Kapolres Aceh Barat AKBP. Raden Bobby Aria Prakarsa SIK, Ketua MAA Tjut Agam, Ketua Mahkamah Syari'ah, Kasdim 0105/Abar Mayor Inf. M. Jafar, Mewakili Kajari Maulaboh a.n Ronal Reagean Siagian, Danyonif 116/GS Mayor Inf. Arif Subagiyo, Wadandenpom IM2/Meulaboh, Mayor Cpm. Irwansyah, Danden AU Nagan Raya Lettu Pnb. M.Husnidar, Kapos AL Maulaboh Letda Laut (T) Ramadi Amd, Ketua MAA Kab. Aceh Barat  Tjut Agam. Selain itu dihadiri juga oleh Para Kepala SKPK dan SKPD, Muspika Kec. Panton Reu serta Para Tamu Undangan dan Masyarakat Desa Ujung Raja dan Desa Antong Kec. Panton Reu Kab. Aceh Barat.

Komentar

Loading...