Korem 012/TU Gelar Tes Kesemaptaan Jasmani

Meulaboh – Korem 012/Teuku Umar Menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani dalam rangka Uji Kenaikan Pangkat (UKP) Perwira, Bintara, dan Tamtama periode 1-4-2019. yang diikuti oleh 118 orang prajurit Korem 012/TU dan jajarannya bertempat di Shuttle ban Makorem 012/TU, Kamis (6/12/18).

Kegiatan Samapta tersebut dilaksanakan mulai pukul 06.00 Wib terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, dilanjutkan senam pelemasan yang dipimpin oleh Bintara Jasmani Korem 012/TU.

Pada pelaksanaan garjas UKP tersebut langsung mendapatkan pengawasan dari perwakilan Direktorat Pembekalan Angkutan TNI Angkatan Darat (Dirbekangad) Kol Cba Eep Subana, S.E, M.M dan Letkol Inf Hendri Wahyudi, S.Sos dari Pusat Intelejen Angkatan darat (Pusintelad).

Selanjutnya, kegiatan samapta yang dilaksanakan saat ini bertujuan untuk menguji kelayakan pantas tidaknya seorang prajurit TNI AD Korem 012/TU untuk dinaikan pangkat satu tingkat diatasnya TMT 1 April 2019. Hal ini merupakan bagian dari kewajiban seorang prajurit untuk selalu membina fisik dan mental selain untuk mempersiapkan diri melaksanakan tugas operasi juga untuk menyiapkan diri sebagai persyaratan karier kenaikan pangkat prajurit.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 012/TU Mayor Inf Tengku M Khair, S.E pada kesempatan ini mengatakan, bahwa pada pelaksanaan UKP tersebut untuk Tes Kesemaptaan ini selain diambil Nilai Kesegaran A yaitu dengan lari sejauh 3200 meter dengan waktu yang telah ditentukan dengan kategori umur.

Sedangkan semapta B yang terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shutlle Run serta renang militer dalam mengukur tingkat kemampuan jasmani para prajurit sebagai upaya pembinaan dan peningkatan jasmani dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok kedepan.

“Untuk itu diharapkan kepada seluruh personel di jajaran Korem 012/TU yang akan diusulkan kenaikan pangkatnya agar memenuhi syarat penilaian yaitu angka minimal 65 untuk satuan komando kewilayahan (Satkowil) dan untuk satuan tempur (Satpur) minimal nilai 75, untuk itu sebelum pelaksanaan UKP diharapkan kepada anggota untuk selalu menjaga dan meningkatkan kondisi fisik dan kesehatan dengan pola hidup yang teratur”, Ujar kapenrem 012/TU.