Babinsa 04/Bdh Dampingi Petani Bajak Sawah

Aceh Tamiang- Babinsa Koramil 04/Bdh Kodim 0117/Atam Pelda Wahidin melaksanakan Pendampingan pertanian bersama petani bajak sawah menggunakan mesin traktor modern di Desa Bandar Baru Kec. Bendahara Kab. Aceh Tamiang. Senin (03/06/2019).

Babinsa Pelda Wahidin, saat ditemui mengatakan pengolahan tanah sawah yang dilakukan petani dengan mesin traktor modern dapat mempercepat dalam pengolahan tanah sawah, dan mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman juga.

โ€œDengan pengolahan lahan menggunakan traktor modern ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat sifat tanah lumpur saat padi siap tanam serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik dan produktif,โ€ tutur Pelda Wahidin.

Danramil 04/Bdh menambahkan bahwa manfaatnya percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) dan kebutuhan swasembada pangan dapat terpenuhi, bahkan dapat meningkatnya hasil panen tetap produktif serta akan mendukung program Pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.

Saudara Fauzi pemilik sawah menjelaskan dalam pengolahan lahan sawah dengan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistem traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” ungkapnya.