Hari Juang TNI AD 2019, Dinas Kesehatan Bersama Kodim Nagan Raya Gelar Kesehatan Bergerak ke Desa Terpencil

Dalam Rangka Hari Juang TNI AD 2019 Dinas Kesehatan Nagan Raya bekerja sama dengan Kodim 0116/Nagan Raya menggelar kegiatan Kesehatan bergerak ke kawasan desa terpencil.

Kegiatan ini dilaksanakan di desa Kuala Seumanyam Kecamatan Darul Makmur dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2019, Rabu (18/12/19).

Kadis Kesehatan Nagan Raya, Hj Siti Zaidar,S.ST mengatakan dengan adanya Kesehatan Bergerak di desa terpencil Kodim 0116/Nagan Raya bersama Dinas Kesehatan dan PP PKK Kabupaten dapat memasyarakatkan kesehatan di desa terpencil yang terisolir dan terpencil dan melaksanakan Program Bapak President Republik Indonesia.

Sementara itu Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono mengatakan Kesehatan bergerak di laksanakan bertujuan untuk memasyarakat kan program kesehatan di Desa – desa terpencil yang di barengi kegiatan bhakti sosial dalam rangka hari Juang TNI – AD.

Kesehatan bergerak dapat meminimalisir juga mencegah penyakit menular dan tidak menular yang akan terkena pada masyarakat di daerah terpencil yang jauh dari fasilitas kesehatan serta merupakan sinergitas antara TNI dengan pemerintah.

Adapun kegiatan yang digelar meliputi Sosialisasi bahaya merokok dan pencegahan perokok pemula di daerah terpencil, pengobatan massal dan pemeriksaan ibu hamil dan balita, pemeriksaan stunting dan lomba mewarnai kepada anak-anak di desa Kuala Seumanyam sertaย penyomprotan bagian dalam rumah dengan insektisida untuk membunuh nyamuk yang menyebarkan malaria diperkampungan penduduk.