Waspadai Meluasnya Penyebaran COVID-19, Korem 012/TU Gelar Sosialisasi

Meulaboh –ย  Korem 012/TU melaksanakan sosialisasi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang sekarang ini sudah banyak menelan korban di berbagai negara termasuk di Indonesia.

“Guna membatasi penyebaran virus corona dilingkungan kerja di seputaran daerah kerja Korem 012/TU, pihaknya rutin melaksanakan sosialisasi dan aksi pencegahan,” kata Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag., M.M,. Senin (23/03/2020).

Menurut Kasrem 012/TU, banyak upaya yang sudah dilaksanakan untuk mengurangi penyebaran virus corona tersebut. Beberapa hari yang lalu seluruh unit kerja disatuan Korem 012/TU sudah ada yang melaksanakan pembersihan diseluruh ruangan perkantoran dengan menyapu serta mengepel menggunakan larutan desinfektan, termasuk juga dengan hari ini secara serentak diseluruh jajaran Korem 012/TU yang belum melaksanakan penyemproten desinfentan yang belom melaksanakan hari ini melaksanakan.

  1. Endy Sugiyanto, Sp. An, selaku pemberi materi menjelaskan gejala yang disebabkan virus ini mempunyai gejala mirip dengan flu biasa gejala lainnya pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam.

Bagi orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah, misalnya orang tua dan anak-anak, kata dia, virus ini bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius, mulai dari pneumonia sampai bronchitis.

โ€œPenularan virus corona juga bisa melalui udara dan sentuhan langsung dengan penderita yang sudah terjangkit virus corona. Cara menghindarinya yakni dengan mencuci tangan terutama saat makan, menjaga kebersihan, berolahraga, menggunakan masker, dan banyak mengkonsumsi buah serta sayuran,โ€ kata dia.

Menurut dia virus ini menyebar seperti virus influenza pada umumnya seperti melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi, juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, atau bagian lain yang umum disentuh oleh penderita.

“Kiat pencegahan penyakit kronis di antaranya menerapkan pola hidup yang sehat dengan memakan makanan yang sehat, berolahraga secara rutin agar daya tahan/imunitas tubuh tetap prima,” tutupnya.

Hadir pada acara kegiatan tersebut, para Kasi Korem 012/TU, Dandenkesyah 04.02 Letkol Ckm Dafri Warman, Dandenbekang 00-44-01 Meulaboh Letkol Cba Aris Priyanto, S.E, Kapenrem 012/TU Mayor Inf Tengku M. Khair, S.E, para Pa Stafsus Korem 012/TU dan Perwira Korem 012/TU.