Kasus Covid-19 di Aceh Meningkat, Kabintaldam IM Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

Banda Aceh – Kepala Pembinaan Mental Kodam Iskandar Muda (Kabintaldam IM), Letkol Arh Dodo Masdori, S.l.P., M.Si. mengajak semua pihak untuk menegakkan dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Pernyataan itu dikatakannya menyusul meningkatnya kasus Covid-19 secara signifikan, khususnya di Kota Banda Aceh.

Apalagi, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Penanganan Covid-19, Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Pergub tersebut mengatur sanksi bagi perorangan, para pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang tidak menjalankan kewajibannya terkait penegakan protokol kesehatan. Para pelanggar akan disanksi sosial dan denda sesuai tingkat pelanggarannya.

Berdasarkan isi Taushiyah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Nomor 3 dan 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan ibadah dan kegiatan sosial keagamaan lainnya dalam kondisi darurat dan pencegahan wabah penyakit, Kabintal berharap para jamaah dapat mentaati protokol kesehatan.

Selain itu, ia juga mengajak para ulama untuk tidak bosan mengajak para jamaahnya untuk menerapkan Prokes sesuai yang dianjurkan pemerintah.

โ€œHimbauan dari MPU sangat perlu, hal ini bertujuan untuk kita semuanya guna menjaga jarak dalam beribadah, mengingat ODP terus berada di kalangan kita,โ€ ujarnya.

Kemudian, Kabintal menyarankan agar setiap masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah di masjid harus terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya oleh petugas masjid.

Menurut Kabintal, langkah tersebut seyogianya dapat diterapkan mulai pelaksanaan Jumat mendatang karena dipastikan bakal menimbulkan keramaian.

Lalu, penggunaan wajib masker kepada para jamaah juga harus dikampanyekan secara rutin.

โ€œKita tidak mengetahui siapa yang sudah dikategorikan Orang Dalam Pengawasan (ODP) dari pihak kesehatan, lebih baik di rumah saja melaksanakan ibadah,โ€ pintanya.

Sebelumnya, Kabintaldam IM telah bersilaturahmi ke MPU Aceh dan pengurus Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Selasa (15/9/2020).

Di MPU Aceh, Kabintal bertemu Tgk Hasbi Albayuni. Sedangkan ke Masjid Raya Baiturrahman disambut oleh Kepala UPTD Masjid Raya H. Tgk Ridwan dan Imam Besar, Prof Dr Tgk H Azman Ismail MA.

Selama melakukan kunjungan itu, Kabintal bersama para alim ulama membahas tentang penerapan Prokes di masjid dan isu terkini pandemi Covid-19 di Aceh.