Peleton Beranting YWPJ Tahun 2017 di Tutup Pangdam IM

Banda Aceh- Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Facrhrudin S.Sos resmi menutup Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) tahun 2017 di titik Finish yaitu di lapangan hijau Mako Rindam IM Mata Ie, Aceh Besar. Selasa (19/12/17).

Pangdam mengatakan, kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya merupakan pengulangan kembali jejak – jejak kepahlawanan para pejuang, di mana  hanya dengan berjalan kaki dan perlengkapan terbatas, namun dengan dorongan tekad dan semangat juang yang tinggi, mereka mampu mengusir penjajah yang memiliki persenjataan lebih lengkap dan modern.

Pangdam menjelaskan, peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini dilaksanakan setiap setahun sekali dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember.Sambung Pangdam, tahun 2017 ini  kegiatan peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam IM dilaksanakan selama empat hari dengan berjalan kaki, mulai  tanggal 16 sampai 19 Desember 2017, mengambil titik start mulai dari  Stadion Cot Gapu Desa Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang,  Kabupaten  Bireuen dan Finish di lapangan hijau Mako Rindam IM Mata Ie, Aceh Besar.

Adapun rangkaian upacara penutupan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) tahun 2017, antara lain yaitu pembelahan kelapa oleh Pangdam IM dan penampilan pasukan tradisional. Selain itu juga di isi dengan perlobaan mendirikan tenda payung dilanjut dengan panggung prajurit.

Selanjutnya, dari hasil penilaian oleh panitia pelaksaan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka ini, Peleton inti Batalyon Infanteri Raider Khusus 111/Karma Bhakti menjadi juara 1 dengan nilai 998 pada etape ke 7, juara 2 diraih oleh Peleton inti Batalyon Infanteri 116/Garda Samudera dengan nilai 995 pada etape ke 9, dan juara 3 diraih Peleton inti Batalyon Infanteri 115/Macan Leuser dengan nilai 975 pada etape ke 3.Kemudian untuk peleton pengantar, juara terbaik kategori TNI di raih oleh Batalyon Kavaleri 11/Macan Setia Cakti pada etape ke 9,  juara terbaik  kategori non TNI  diraih oleh Brimob Polda Aceh pada etape ke 8. Selanjutnya untuk penyelenggara Satuan Komando Kewilayahan terbaik yaitu Kodim 0102/Pidie.

Hadir dalam acara penutupan, Kasdam IM, Irdam, Danrindam, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, para Asisten, Kabalakdam, para Dandim, Danyon jajaran Kodam IM, Walikota Banda Aceh, Kapolretsa Banda Aceh, Wakil Ketua FKPPI, Ketua dan wakil ketua serta para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda dan seluruh perserta peleton branting dan pasukan pengawal pleton beranting.