Jasdam IM Gelar Uji Kenaikan Sabuk Yoong Moodo

Banda Aceh- Jasmani Daerah Militer Kodam Iskandar Muda (Jasdam IM) menyelenggarakan ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo dari sabuk coklat ke sabuk merah yang diikuti sebanyak 174 prajurit dariย  tujuh satuan jajaran Kodam Iskandar Muda, bertempat di Lapangan Indoor Jasdam IM, Neusu Jaya Kota Banda Aceh. Rabu ย (14/2/18).

Adapunย  tujuh satuan yang mengikuti ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo tersebut diantaranya, Batalyon Infanteriย  Raiderย  112 /Dharma Jaya sebanyak 67 prajurit, Batalyon Kavaleriย  11/MSC sebanyak 42, Batalyon Armed 17/RC sebanyak 13, Batalyon Zeni Tempur 16/DA sebanyak 23, , Deninteldam IM sebnayak 7,ย  Zidam IMย  7 dan Kodim 0112/Sabang sebanyakย  16 prajurit.

Pelaksanaan ujian kenaikan sabuk tingkat Yong Moodo ini diawasi langsung oleh koordinator ujian dariย  satuan Jasdam Iskandar Muda yaitu Kapten Arh Irfan W, sedangkan untuk penguji terdiri dari empat prajurit yang memiliki kualifikasi DAN 2 sampai DAN 3ย  diantaranya, Serka Asep Iriana dari satuan Pendam IM, Sertu Reki Okanda danย  Sertu Nurkholis dari satuan Jasdam IM serta Sertu Andi Rahmat dari satuan Rindam IM.

Koordinator ujian Kapten Arh Irfan W mengatakan, kemampuan bela diri Yong Moodo merupakan program dan kebijakan dari komando atas yang mengharuskan seluruh Prajurit TNI ADย  mempunyai kualifikasi DAN 1 sabuk hitam Yong Moodo, dan ini juga salah persyaratan wajib bagi prajurit untuk melaksanakan Uji Kenaikan Pangkat (UKP).Lanjut Kapten Arh Irfan W,ย  beladiri ini sangat bermanfaat bagi prajurit selain untuk menjaga diri juga dapat untuk meningkatkan kesehatan. Disamping itu, seorang Prajurit TNI-AD tidak hanya mengerti namun dituntut untuk mampu dan mahir dalam semua gerakan yang ada pada bela diri Militer Yong Moodo.

Koordinator ujian menjelaskan, pelaksanaan ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo ini dilaksanakan selama dua hari, untuk hari pertama melaksanakan Latihan bersama dan penyamaan materi, dan hariย  kedua pelaksanaan Uji sesuai materi untuk sabuk merah.

Sambungnya, untuk materi yang diujikan diantaranya yaitu, Gibonjase ( Kuda-Kuda Dasar ),ย  Son chigi ( Pukulan ), Makgi ( Tangkisan ), Balchagi ( Tendangan ), Nakbob ( Jatuhan ), Son gysul ( Kuncian ), Mom gysul ( Bantingan ), Yonghobob ( Pernafasan ), Gibon Sasu ( Rangkaian Gerakan ) dan Fighting ( Materi pertandingan Perkelahian).

Selanjutnya, dari seluruh prajurit yang melaksanakan ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo ini, sebanyak 84 dinyatakan lulus, sementara yangย  tidak lulusย  90 orang dan mengulang pada ujian berikutnya.