Kajasdam IM Sematkan Sabuk Merah Yoong Moodo Kepada Peserta Ujian

Banda Aceh- Kepala Jasmani Kodam Iskandar Muda (Kajasdam IM) Kolonel Arm Ery Revlisa menyematkan sabuk merah Yoong Moodo kepada perwakilan peserta ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo prajurit Kodam IM se-Garnisun Banda Aceh di lapangan Indoor Jasdam IM, Neusu Jaya Kota Banda Aceh. Rabu (14/2/18).

Ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo tersebut di selenggarakan oleh Jasdam IM, dan diikuti sebanyak 174 prajurit dari ย tujuh satuan jajaran Kodam Iskandar Muda, diantaranya ย Batalyon Infanteri ย Raiderย  112 /Dharma Jaya, Batalyon Kavaleri ย 11/MSC, Batalyon Armed 17/RC sebanyak 13, Batalyon Zeni Tempur 16/DA, Deninteldam IM, Zidam IM, dan Kodim 0112/Sabang.

Kajasdam IM mengatakan, kemampuan bela diri Yong Moodo merupakan program dan kebijakan dari komando atas yang mengharuskan seluruh Prajurit TNI ADย  mempunyai kualifikasi DAN 1 sabuk hitam Yong Moodo, beladiri Yong Moodo juga jadi syarat untuk kenaikan pangkat prajurit TNI AD.

โ€œ Disamping itu, Beladiri militer Yong Moodo adalah belah diri paling sesuai dalam menghadapi berbagai serangan lawan yang mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam perkelahian jarak dekatโ€, tutur Kajasdam IM.Kajasdam menjelaskan, pelaksanaan ujian kenaikan sabuk tingkat Yong Moodo ini berlangsung selama dua hari mulai ย tanggal 13 sampai dengan 14 Febuari 2018, ย kemudian untuk pelaksanaan dan penguji dilakukan langsung oleh tim dari Jasdam IM yang mempunyai kualifikasi DAN 2 sampai DAN 3ย  sabuk hitam Yong Moodo.

Sambung Kajasdam, untuk materi yang diujikan diantaranya yaitu, Gibonjase ( Kuda-Kuda Dasar ),ย  Son chigi ( Pukulan ), Makgi ( Tangkisan ), Balchagi ( Tendangan ), Nakbob ( Jatuhan ), Son gysul ( Kuncian ), Mom gysul ( Bantingan ), Yonghobob ( Pernafasan ), Gibon Sasu ( Rangkaian Gerakan ) dan Fighting ( Materi pertandingan Perkelahian).

โ€œ Keseluruhan materi yang diujikan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan dan dijadikan dasar untuk menentukan apakah seseorang layak memperoleh sabuk merah Yong Moodo,โ€ jelas Kajasdam IM Kolonel Arm Ery Revlisa.

Selanjutnya, dari seluruh prajurit yang melaksanakan ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo ini, sebanyak 84 dinyatakan lulus, sementara yang ย tidak lulus ย 90 orang dan mengulang pada ujian berikutnya.