Kajasdam IM Sematkan Sabuk Merah Yoong Moodo Kepada Peserta Ujian

Banda Aceh- Kepala Jasmani Kodam Iskandar Muda (Kajasdam IM) Kolonel Arm Ery Revlisa menyematkan sabuk merah Yoong Moodo kepada perwakilan peserta ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo prajurit Kodam IM se-Garnisun Banda Aceh di lapangan Indoor Jasdam IM, Neusu Jaya Kota Banda Aceh. Rabu (14/2/18).

Ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo tersebut di selenggarakan oleh Jasdam IM, dan diikuti sebanyak 174 prajurit dari  tujuh satuan jajaran Kodam Iskandar Muda, diantaranya  Batalyon Infanteri  Raider  112 /Dharma Jaya, Batalyon Kavaleri  11/MSC, Batalyon Armed 17/RC sebanyak 13, Batalyon Zeni Tempur 16/DA, Deninteldam IM, Zidam IM, dan Kodim 0112/Sabang.

Kajasdam IM mengatakan, kemampuan bela diri Yong Moodo merupakan program dan kebijakan dari komando atas yang mengharuskan seluruh Prajurit TNI AD  mempunyai kualifikasi DAN 1 sabuk hitam Yong Moodo, beladiri Yong Moodo juga jadi syarat untuk kenaikan pangkat prajurit TNI AD.

“ Disamping itu, Beladiri militer Yong Moodo adalah belah diri paling sesuai dalam menghadapi berbagai serangan lawan yang mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam perkelahian jarak dekat”, tutur Kajasdam IM.Kajasdam menjelaskan, pelaksanaan ujian kenaikan sabuk tingkat Yong Moodo ini berlangsung selama dua hari mulai  tanggal 13 sampai dengan 14 Febuari 2018,  kemudian untuk pelaksanaan dan penguji dilakukan langsung oleh tim dari Jasdam IM yang mempunyai kualifikasi DAN 2 sampai DAN 3  sabuk hitam Yong Moodo.

Sambung Kajasdam, untuk materi yang diujikan diantaranya yaitu, Gibonjase ( Kuda-Kuda Dasar ),  Son chigi ( Pukulan ), Makgi ( Tangkisan ), Balchagi ( Tendangan ), Nakbob ( Jatuhan ), Son gysul ( Kuncian ), Mom gysul ( Bantingan ), Yonghobob ( Pernafasan ), Gibon Sasu ( Rangkaian Gerakan ) dan Fighting ( Materi pertandingan Perkelahian).

“ Keseluruhan materi yang diujikan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan dan dijadikan dasar untuk menentukan apakah seseorang layak memperoleh sabuk merah Yong Moodo,” jelas Kajasdam IM Kolonel Arm Ery Revlisa.

Selanjutnya, dari seluruh prajurit yang melaksanakan ujian kenaikan sabuk Yoong Moodo ini, sebanyak 84 dinyatakan lulus, sementara yang  tidak lulus  90 orang dan mengulang pada ujian berikutnya.