Sinergitas TNI-POLRI dan BPBA dalam Simulasi Penanggulangan Bencana Alam

Redelong – Koramil Model-05/TG, Koramil-09/PRG dan Koramil-11/WPS bersama Badan Penanggulangan Bencana Alam ( BPBA ) dan masyarakat melaksanakan kegiatan latihan simulasi bencana alam gunung api Burni Telong, yang bertempat lapangan sepak bola Desa pante raya, Kec. wih pesan, Kab. Bener meriah, Kamis ( 18/05/2017 ).

Plt. Bupati Bener Meriah Drs. Rusli M. Saleh dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Bener Meriah merupakan dataran tinggi yang wilayahnya mayoritas pegunungan dan ada satu gunung yang aktif yaitu gunung api Burni Telong yang mempunyai nilai positif dan dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat, disisi lain merupakan ancaman yang dapat menimbulkan bencana yang secara alamiah tidak dapat dielakkan.

“Oleh karena itu kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini mempunyai arti yang sangat strategis serta ikut melatih dan memberi pemahaman pada masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangannya,” ucapnya.

Sementara Danramil Model-05/TG Kapten Czi Aep Mukhran Halid menyampaikan kerusakan yang ditimbulkan oleh alam maupun oleh manusia, akan bisa menimbulkan suatu bencana. Hal ini akan berdampak pada berbagai kehidupan dan penghidupan yang dapat menimbulkan gangguan sosial ekonomi suatu masyarakat dilokasi bencana.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kesiapsiagaan aparat dan masyarakat, meningkatkan kerja sama dan keterpaduan antar unsur dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam yang kejadiannya tidak dapat diduga dan dampaknya tidak dapat diperhitungkan,” ujarnya.