Batalyon Zipur 16 Gelar Latihan UST Tingkat Regu

Aceh Besar- Batalyon Zeni Tempur 16/Dhika Anoraga menggelar latihan Uji Siap Tempur (UST)  Tingkat Regu di daerah latihan Jantho Kompleks Kabupaten Aceh Besar. Rabu (24/5/17).

Latihan UST yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 22 sampai 24 Mei 2017 itu melibatkan sebanyak 90 prajurit Yonzipur 16/DA.

Komandan Batalyon Zeni Tempur 16/Dhika Anoraga Letkol Czi Didid Yusnadi mengatakan, penyelenggaraan Uji Siap Tempur (UST) tingkat regu ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kesiapan tempur regu dan sekaligus menilai keberhasilan latihan satuan tingkat regu yang telah dilaksanakan dalam rangka proglatsi, khususnya dibidang taktik dan tehnik bertempur.

Kemudian Danyon menekankan, kepada seluruh prajurit agar melaksanakan  kegiatan dengan maksimal serta senantiasa  memperhatikan naluri dan disiplin tempur, dan dalam pelaksanaan kegiatan selalu berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

“ Jangan menganggap kegiatan tersebut sebagai rutinitas belaka, namun jadikan latihan ini sebagai wahana untuk menempa kita menjadi prajurit yang terlatih, sehingga terbentuk prajurit yang berkualitas professional dan selalu siap untuk mendukung pelaksanaan tugas kedepan,” tegas Letkol Czi Didid Yusnadi.

Sementara itu Komandan Latihan Lettu Czi Yusuf Yudistira menjelaskan tentang materi dan mekanisme dalam latihan  Uji Siap Tempur, dimana dihari pertama melaksanakan materi penyelidikan Zeni (Lidikzi) dan materi perkuatan medan, kemudian dihari kedua materi pembekalan air listrik dan Tprag, selanjutnya dihari ketiga melaksanakan materi, penyebrangan sungai, penerobosan lapangan ranjau dan penerobosan rintangan.