Personel Kodim 0105/Abar Laksanakan Tes Kesegaran

Meulaboh, Aceh Barat. Guna mengetahui kemampuan kesegaran jasmani prajurit, personil Kodim 0105/Abar laksanakan tes kesegaran jasmani periodik semester II Ta.2017 selama 3 hari dari tanggal 24 s.d 26 Oktober 2017 yang merupakan Program Komando Atas bidang Latihan dan Kesegaran Jasmani Prajurit TNI -AD Jajaran Korem 012/TU kodim 0105/Abar, bertempat di depan Denkesyah 0402/Meulaboh. Rabu (25/10)

Tes garjas Periodik yang di selenggarakan oleh Staf Peronalia Kodim 0105/Abar berlaku kepada seluruh Prajurit Kodim 0105/Abar dari Pangkat terendah sampai dengan pangkat tertinggi, Tamtama,Bintara dan Perwira jajaran Kodim 0105/Abar. Kegiatan Semapta Periodik bertujuan untuk pembinaan fisik dan pengambilan nilai kesegaran jasmani sesuai Katagori masing masing, dalam pengawasan pihak Jasmani Militer Korem 012/TU dan Denkesyah 0402/Meulaboh yang di hadiri oleh Dandenkesyah Letkol Ckm Wawan, Kasdim 0105/Abar Mayor Inf. M.Jafar dan Pasi Pers Kodim 0105/Abar Kapten Inf.Hasbi Lubis.

Adapun rangkaian pelaksanaan Semapta periodik diawali dengan pengecekan Personil, Pengecekan Kesehatan oleh Tim Kesehatan, dilanjut dengan Semapta A lari 3200 M dan Semapta B, Pul Up,Sit Up, Pus Up, Salteran dan Ketangkasan renang sepanjang 50 Meter.

Dalam Pengarahan Kasdim 0105/Abar yang di wakili oleh Pasi Pers Kodim Kapten Inf. Hasbi Lubis, menyatakan tes kesegaran jasmani merupakan tolok ukur kemampuan jasmani setiap prajurit dalam melaksanakan tugas pokok TNI AD. Tes Garjas dilakukan 2 kali dalam setahun yang meliputi kesegaran A dan B, kemudian dilanjutkan dengan Tes ketangkasan berupa Renang Militer 50 meter dengan ketentuan nilai akhir untuk satuan teritorial minimal 65 yang disesuaikan dengan katagori umur. Oleh karena itu, saya berharap agar tiap-tiap personil selain mengikuti pembinaan fisik yang sudah terpogram oleh Staf Ops juga dengan kesadaran masing-masing dapat melaksanakan pembinaan fisik secara perorangan disela-sela pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Sehingga kedepannya pada saat tes garjas periodek maupun UKP dan  sekolah dapat memenuhi syarat untuk lulus.

Penekanan dari Komando Atas, laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal, serta perhatikan faktor keamanan, dalam pelaksanaannya ikuti petunjuk dari pelatih Jas Korem 012/TU, jangan dipaksakan kalau memang betul-betul tidak mampu. Tegasnya

Untuk kelancaran selama melaksanakan kegiatan tes garjas, melibatkan pengamanan dari Provs Kodim, Staf Intel, Unit Intel dan Tim Medis dari Denkesyah 0402/Meulaboh, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.