Melalui Kegiatan WMBN, Kodim 0101/BS bersama KPM Kuatkan Rasa Cinta Tanah Air dan Semangat Bela Negara Sejak Dini

Banda Aceh – Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS bekerjasama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) memberikan pelatihan Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) kepada siswa dan siswi perwakilan dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kota Banda Aceh.

Bertindak sebagai pelatih yakni para Babinsa perwakilan Koramil jajaran Kodim 0101/BS yang sebelumnya telah menerima materi pembekalan Ilmu Wisata Matematika Bela Negara, yang diberikan oleh Ketua Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Drs H Moh Arodhi.

Kegiatan tersebut dilakukan di Aula dan halaman Makodim 0101/BS Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah Gampong Baru Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Selasa (14/11/17) siang.

Ketua Tim KPM Drs H Moh Arodhi menyampaikan, bahwa sebelum Babinsa memberikan pelajaran, tadi pagi mereka telah diberikan pembekalan ilmu WMBN oleh pelatih dari KPM, sehingga di siang harinya, mereka langsung mengaplikasikan materi yang telah mereka terima kepada para peserta WMBN.

“Sebelumnya mengajar, para Babinsa ini, telah kami bekali ilmunya, sehingga siang hari ini, mereka dapat langsung mengaplikasikan materi tersebut kepada para peserta,” kata Drs H Moh Arodhi.

Dalam kegiatan ini, para peserta disuguhkan materi cara berfikir supra rasional, Game Team Work, permainan matematika dan Outdoor Game atau Outbond  diantaranya Peraturan Baris-berbaris (PBB) dasar, bongkar pasang senjata serta selvie menggunakan senjata.

“Pada kegiatan ini, Para peserta kami ajak untuk lebih mengenal wawasan seputar TNI seperti pengenalan senjata, berselvie dengan senjata dan disuguhkan materi dinamika kelompok dan cara berfikir supra rasional,” ucapnya.

Di tempat yang berbeda Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP menyampaikan, Kegiatan Wisata Matematika Bela Negara ini merupakan hal pertama dilakukan di wilayah Kodim 0101/BS,  dan kegiatan ini pula telah berjalan selama dua hari, mulai kemarin 13 November sampai dengan hari ini.

“Kemarin pesertanya Kepala Sekolah dan Guru Matematika SMP sederajat di wilayah Kota Banda Aceh. Namun hari ini, giliran siswa dan siswi nya yang menjadi peserta,” jelas Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto,S.IP.

Dandim menambahkan, pihaknya akan melanjutkan kegiatan WMBN ke sekolah-sekolah yang ada wilayah Kodim 0101/BS,  agar dapat menambah wawasan dan juga menguatkan rasa cinta tanah air serta semangat bela negara bagi para pelajar mulai dari sejak dini.

“Kami akan melanjutkan kegiatan ini, ke sekolah-sekolah di wilayahnya, supaya dapat menambah wawasan dan menguatkan rasa cinta tanah air serta semangat bela negara sejak dini,” pungkas Dandim.