Pangdam IM Buka Opsgaktib dan Yustisi TA 2019

Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko membuka  Operasi Penegak Ketertiban (Opsgaktib) dan Yustisi  TA 2019, bertempat di Lapangan Jasdam Iskandar Muda, Neusu Jaya, Baiturrahman, Banda Aceh. Jum’at  (8/2/19).

Operasi Gaktib yang  berlangsung selama satu tahun hingga akhir Desember 2019 nanti ini,  mengambil tema " Dengan Operasi Gaktib TA 2019, Polisi Militer berkomitmen meningkatkan disiplin, ketaatan hukum, dedikasi dan loyalitas prajurit dalam mendukung Tupok TNI guna mewujudkan bersama rakyat TNI kuat”.

Upacara Opsgaktib dan Yustisi tahun 2019 tersebut diikuti Prajurit Polisi Militer Kodam IM, Polisi Militer Angkatan Laut , Polisi Militer Angkatan Udara , Provost jajaran Kodam IM, Polri,  DLLAJ, Sat Pol PP, Bea Cukai dan  Dinas Perhubungan.

Amanat Panglima TNI yang dibacakan Pangdam IM mengatakan bahwa, operasi Gaktib dan Yustisi merupakan salah satu upaya pemeliharaan dan meningkatkan profesinalisme prajurit TNI. Prajurit yang profesional adalah prajurit yang memahami hukum dan mematuhinya.

Dalam amanat Panglima TNI meminta, dalam pelaksanaan operasi Gaktib dan operasi Yustisi harus dikembangkan kearah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi.

" Esensi Operasi ini adalah proses berkelanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit dan PNS TNI”, tutur Pangdam IM bacakan amanat Panglima TNI.

Pangdam berharap, seluruh petugas polisi militer memiliki kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas di lapangan, baik sesama polisi militer maupun dengan lembaga penegak hukum lainya.

“ Dengan adanya  Opsgaktib  ini mampu meningkatkan disiplin dan kepatuhan hukum prajurit TNI dan PNS TNI”, harap Panglima TNI.

Diakhir amanatnya Panglima TNI juga mengingatkan kepada petugas Polisi Militer tidak boleh bersikap arogan dilapangan, namun tetap tegas dan tidak ragu-ragu.

Upacara Opsgaktib tersebut turut dihadiri oleh Kasdam IM Brigjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., Danpomdam IM, Kabagpropam Polda Aceh, Danlanal Sabang, Danlanud SIM, Perwakilan PLT Gubernur Aceh, Kapolresta Banda Aceh, Dandim 101/BS, dan Dansat jajaran Kodam IM.

Komentar

Loading...