Prajurit Brigif 25/Siwah Peringati Nuzulul Qur’an

Lhoksukon – Prajurit Brigif 25/Siwah  beserta Persit KCK Cabang XIII Brigif 25/Siwah memperingati Nuzulul Quran bertempat di Masjid Al-Ihklas Brigif 25/Siwah, Gampong Blang Aman, Kec. Lhoksukon, Kab. Aceh Utara, Rabu (22/5/19).

Danbrigif mengajak kepada seluruh prajurit Brigif 25/Siwah beserta keluarganya, untuk senantiasa menghayati dan memahami serta menjadikan Al-qur’an sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan keseharian kita.

Lebih jauh lagi pesan-pesan mulia Al qur’an itu harus diimplementasikan secara nyata sesuai tugas dan tanggung jawab kita masing-masing di tengah masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara itu, Ustazd Tgk Zul fazli dalam ceramahnya menyampaikan, makna Nuzulul Quran sering diperingati pada malam tanggal 17 Ramadan, di mana pertama kali Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW di Gua Hira melalui malaikat Jibril, Alquran diturunkan kepada Jibril dan dibacakan kepada Nabi Muhammad SAW? Hal ini pun dijelaskan ke dalam tiga teori.

Pertama, Alquran diturunkan kepada Jibril lafzan wa ma’nan (kata dan maknanya secara sekaligus). Penjelasannya seperti ini, Jibril menghapal Alquran yang tertulis dalam lauhul mahfudz (tablet yang terjaga), kemudian dibacakan ulang kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada teori ini, ukuran setiap huruf di lauhul mahfudz sebesar Gunung Qaf. Di bawah huruf-huruf itu ada maknanya masing-masing yang hanya diketahui oleh Allah SWT.

Kedua, Jibril membacakan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW menggunakan makna khusus. Selanjutnya Nabi Muhammad SAW menerjemahkannya ke dalam baha Arab.

Ketiga, Jibril hanya menyampaikan ‘makna Alquran. Selanjutnya, agar Alquran dipahami audiensnya, Nabi Muhammad SAW “membungkusnya” dengan bahasa Arab.

Lebih lanjut Tgk Zul menyampaikan di momen ramadhan mari kita tingkatkan amal ibadah baik wajib maupun sunah.

Hadir pada acara Nuzulul Quran para Perwira, Bintara dan Tamtama serta Ketua Persit KCK cabang XIII beserta anggota.