Bersama Aster, Dandim 0101/BS Bangun Satu Juta Jamban Untuk Masyarakat Aceh

Aceh Besar- Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS bekerja sama dengan Kodam IM menyelenggarakan kegiatan program Karya Bakti TNI berupa pembangunan “jamban keluarga” bagi masyarakat di Desa Lamroh dan Desa Lam Raya Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (15/4/2017).

Pada pukul 13.30 WIB siang tadi, Asisten Teritorial Kasdam IM  Kolonel Inf Mahesa Fitriadi S. AP  yang didampingi oleh Komandan Kodim  0101/BS Letnan Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto S.I.P tiba di Desa Lamreh Kec. Kuta Baro dan dilanjutkan penyerahan jamban secara simbolis oleh Aster kepada dua orang warga yaitu Bapak Iskandar (49) dan Bapak Safii (48).

Kepada warga penerima pembangunan jamban, Aster berpesan agar senantiasa menjaga kebersihan dan merawat jamban dengan baik. Karena selain memberikan manfaat kepada masyarakat, program ini merupakan implementasi dari TNI manunggal bersama rakyat.

Sementara itu Dandim sendiri menyerahkan jamban secara simbolis kepada warga di Gampong Lamraya, Kemukiman Lamblang Kec, Kuta Baro, diantaranya adalah Ibu Nur Anisa (55).

Selama ini masyarakat mengeluhkan susahnya mencari tempat untuk membuang hajat sampai-sampai harus menempuh jarak yang cukup jauh, “Allhamdulillah dengan adanya bantuan ini dapat memudahkan warga untuk buang hajat” ujar Keuchik Gampong Lamraya.

Salah satu latar belakang program jambanisasi ini adalah adanya kebiasaan warga yang melakukan BAB di sembarang tempat, kebiasaan yang tidak sehat  ini  masih terlihat dilakukan di sungai bahkan juga di area perkebunan, dimana hal tersebut tidak baik bagi kesehatan maupun bagi lingkungan sekitar.

Perilaku tersebut sudah dianggap lumrah dan bukan merupakan suatu yang tabu, hal ini dilakukan karena faktor ketidak pedulian dari diri sendiri dan tidak adanya sarana dan prasarana dalam mengatasi permasalahan buang hajat bagi masyarakat.

“Kita disini dari hadir untuk merubah itu semua” lanjut Dandim.

Tidak hanya disitu, jamban yang telah diterimakan kepada warga selanjutnya oleh para Babinsa Koramil 08/Kuta Baro dan dibantu oleh warga setempat melakukan pembangunan jamban secara gotong-royong.

“sampai saat ini untuk wilayah Kuta Baro jumlah jamban yang sudah mulai rampung kita kerjakan sebanyak 9 unit, dan masih ada 6 unit lagi, ini dalam waktu dekat akan segera kita kerjakan” tutur Danramil Kapten Mutrisno.

Kegiatan yang bertemakan “Gema Sang Juara Kodam IM Untuk Masyarakat Aceh Membangun Satu Juta Jamban Keluarga” ini dihadiri oleh Pabandia Bakti TNI Kodam IM Letkol Inf A. Fauzi, Kaur Komsos Kodim 0101/BS Kapten Inf Nanang Junaidi dan Danramil 08/Kuta Baro Kapten Inf Mutrisno serta para Tokoh Masyarakat di Kec. Kuta Baro Aceh Besar.